Mengatasi Internet explorer script error


Pagi ini [9-6-10], saya dikejutkan dengan sebuah warning yg muncul setelah membuka aplikasi YM (yahoo messenger). Pada awalnya saya menganggap biasa warning tersebut, tapi lama2 cape juga klik ok2 terus karena dia ga hilang2 [hufffff]

akhirnya setelah saya googling diyakini bahwa komp saya terserang sejenis virus Coutsonif.A

Virus ini menyebar dengan mengirimkan dirinya ke semua kontak yang ada dalam alamat aplikasi tersebut dari komputer yang terinfeksi.

Pesan tersebut sekilas seperti pesan pada umumnya. Namun jangan sampai mengklik link yang diberikan, sekalipun dikirimkan oleh teman Anda. Pasalnya, pesan tersebut sebenarnya bukan dikirimkan oleh rekan Anda, melainkan oleh virus yang telah berhasil menginfeksi komputer rekan Anda.

Nah, jika sudah terinfeksi, maka secara otomatis ia akan membuat nama file acak dengan ekstensi .tmp dan .exe yang akan disimpan di direktori [C:\Documents and Settings\%user%\Local Settings\Temp] dengan nama yang berbeda-beda.

dalam hal ini vaksin.com telah membuat solusi untuk menghajar virus yang mengganggu ketentraman waktu chat, seperti ini solusinya :

1. Disable ‘System Restore’ selama proses pembersihan.
2. Disable autorun Windows, agar virus tidak dapat aktif secara otomatis saat akses ke drive /flash disk.

  • Klik tombol ‘start’
  • Klik ‘run’
  • Ketik ‘GPEDIT.MSC’, tanpa tanda kutip. Kemudian akan muncul layar ‘Group Policy’
  • Pada menu ‘Computer Configuration dan User Configuration’, klik ‘Administrative templates’
  • Klik ‘System’
  • Klik kanan pada ‘Turn On Autoplay’, pilih ‘Properties’. Kemudian akan muncul layar ‘Tun on Autoplay propeties’
  • Pada tabulasi ‘Setting’, pilih ‘Enabled’
  • Pada kolom ‘Tun off Autoplay on’ pilih ‘All drives’
  • Klik ‘Ok’

3. Matikan proses virus, gunakan tools ‘security task manager’ kemudian hapus file [sysmgr.exe, vshost.exe, winservices.exe, *.tmp]

apabila solusi ini sudah dijalankan tetapi komp anda masih tetap muncul internet script error kemungkinan penyebabnya bukan virus tapi :

  1. Java Applets, Active scripting, ActiveX controls tidak sengaja terblok. Konfigurasi internet Explorer, Software Anti Virus, PC Firewall, atau Firewall jaringan dapat menyebabkan bloking.
  2. Coba scan file download dan folder Temporary Internet anda
  3. Software scripting pada komputer anda rusak (corrupt)
  4. folder INternet epxlorer anda corrupt.
  5. Driver VGA error atau corrupt.
  6. DirextX error atau sudah outdated

untuk ini bisa dilakukan langkah-langkah sebagai berikut :

Disabling Internet Explorer Script Errors

Error ini sangat mengganggu sekali. Jika anda terganggu dengan error ini  yang muncul terus menerus, anda dapat mendisablenya.

  1. Buka internet Explorer
  2. Buka menu <Tools>
  3. Pilih menu tab <Internet Options>
  4. Buka tab <Advanced>
  5. Beri Cek pada “Disable script debugging”
  6. Hilangkan tanda cek pada “Display a notification about every script error”
  7. Klik tombol <OK>
  8. Atau coba RESTORE IE 7.0.  Go to Internet Options, klik Tab Advanced, Klik “Restore Advance Setting”.Tapi sebelumnya klik “Reset…” dulu.

[remix article]

#areeff, CMIIW

20 thoughts on “Mengatasi Internet explorer script error

  1. Ketika saya mengetik gpedit.msc di run… muncul pesan berikut [IMG]http://img828.imageshack.us/img828/9909/errorkz.png[/IMG]

    Karena masalah ini juga saya tidak bisa chat di YM (text tidak muncul), saya sudah mencoba beberapa trik seperti reinstall YM, mengetik di run regsvr32 vbscript.dll dan regsvr32 jscript.sll tapi belum berhasil.

    • ini permasalahannya dari browsernya tidak memperboleh kan akses control activex, coba install browser lain, buka meebo.com, apa bisa jalan?, matikan antivirus, antispyware yg aktif karena bisa jadi di blok karena itu

  2. Sudah saya install, mozillanya, IE juga udah dupgrade ke versi 9… tapi maalahnya tetap sama… saya tidak bisa chat di YM,,, tampilan tetap kosong, kalo chat lewat lain bisa, seperti FB, mail yahoonya… antivirus juga udah dimatikan, tetap gak bisa… saya bingung apa yang membloknya ya??

  3. Kalo masalah pesan internet script udah gk ada lagi… trik2 seperti, enable beberapa opsi pada internet explorer sudah dilakukan…

    Pada saat mengetik di run regsvr32 vbscript.dll dan regsvr32 jscript.dll. regsevr32 jscript muncul pesan error…

    chat di meebo tidak ada masalah… masalahnya cuma text di YM tidak muncul

    • kl udah install ulang Ffox, IE 9, YM, masih ga nongol juga tuh text di YM, saya khawatir mungkin file system winnya yg corrupt gara virus2, sudah coba scan pake antivirus terbaru + di repair winnya..

  4. Sepertinya memang corrupt T_T … sewaktu saya scan ternyata ada trojan di windows 7nya… apa saya harus install ulang windowsny ya??

    Trims banyak mas…

  5. Kalo masalah pesan internet script udah gk ada lagi… trik2 seperti, enable beberapa opsi pada internet explorer sudah dilakukan… suka keluar URL secara tiba2, gmna ya supaya URL dari IE ngga muncul dgn sndirinya

  6. om saya mw nanya, gmn caranya agar IE9 membuka file vbs secara otomatis… dlu sebelum menggunakan versi ini IE bs membuka secara otomatis, namun IE9 sekarang ada piliha open atau save file dlu…

    terimakasih om…

  7. bro punya ane ym nya ga bisa jalan karena pengaturan di IE nya,trus pertama ane coba settingan tool->internet connection->connection->LAN setting. itu bisa tapi waktu ane restart pc nya eh dia ga bisa lagi.trus ane coba kayak cara itu lg tp kok ga bisa lagi.

Leave a Reply

