Sparepart Minerva R150


Walaupun udah banyak diulas di forum2, tetep aja bnyak yang tanya tanya masalah s’part minerva, neh biar ga lupa2 gw posting disini aja biar gampang carinya :

Seperti motor lain, Minerva 150R dengan pemakaian secara berkala, tentu membuat beberapa perantinya aus. “Akibatnya performa menurun, suara mesin jadi lebih berisik,” bilang Hasan dari San Speed, di kawasan Kebon Jeruk, Jakbar.

Nah untuk urusan yang satu ini (spare-part maksudnya) selain ada part orisinal yang dijual oleh dealer resmi Minerva, juga tersedia komponen substitusinya dari motor lain. Mau tahu, simak deh yang berikut.

Gear Set
Rantainya berukuran tebal 428H dan panjangnya 128 mata. Itu sama dengan bawaan Honda Mega Pro. Begitu juga gear depan-belakangnya bisa manfaatkan produk Honda itu. Soal harga Rp 230 ribu (orisinal Mega Pro) dan Rp 220 ribu (KW).

Kampas Rem
Kalo peranti ini, tentu bisa mengandalkan punya bebek. Salah satunya bawaan Honda Supra X125. Karena sistem dan modelnya sama. Orisinalnya dibanderol Rp 34 ribu. Sedang menebus onderdil KW-nya, tinggal rogoh kocek Rp 15 ribu.

Kampas Kopling
Untuk ganti part ini, ternyata bisa dilakukan dengan mencomot milik Honda Supra Fit. Soal harga beli komponen aslinya yang dipakai Supra Fit, tinggal bayar Rp 80 ribu dan yang KW-nya Rp 60 ribuan.

Per Kopling
Di 150R, perangkat yang berfungsi sebagai penekan kampas kopling ini jumlahnya 5 buah. Tapi bila dilihat dari tingginya yang 35 mm, per kopling 150R bisa pakai punya Honda GL Pro. Aslinya GL Pro dijajakan Rp 10.200/buah. Jadi kalau dikalikan 5, sama dengan Rp 61 ribu.

Keteng
Jumlah mata rantainya di 150R ada 98 mata. Nah milik Honda Supra Fit bisa diandalkan sebagai substitusi. Di toko onderdil motor, harga keteng orisinal Supra Fit Rp 30 ribuan.

Piston
Lagi-lagi bisa mengadopsi milik Honda GL Pro. Hal tersebut karena setelah dilakukan pengukuran, diameter seher sama-sama 61 mm. Pun demikian soal garis tengah pin, yang ternyata seukuran (15 mm). Bila beli yang orisinal, siapkan dana Rp 373 ribu (piston standar). Bila sekalian ganti pin, maka tambahkan Rp 82 ribu.

CDI
Bila onderdil dalaman banyak pakai barang Honda, maka di pengapian orisinal 150R yang pakai merek BRT bisa pakai bawaan Suzuki. Dengan pick-up pulsar 14 mm, maka CDI Shogun 110 lawas yang bisa dipakai. Selain itu, juga bisa pakai CDI aftermarket BRT tipe Hyperband untuk Shogun 110. Harganya Rp 400 ribu.

daftar sparepart yang lainnya :

  1. GEAR + RANTAI = gear Depan(GL Pro,mega pro)+gear Belakang(RX King,mx)+rantai(128=panjang /428H=ketebalan atau punya Megapro/satria 2tak)
  2. KARET RANTAI = Satria 120, MX atau KZ R
  3. RANTAI KETENG = Megapro/tiger (98 mata)
  4. KANVAS REM = supra x 125 bentuk & sistem nya sama (35rb Ori) / punya minerva yg bagus rp40rb&biasa 25rb
  5. KAMPAS KOPLING = GL-Pro Neo Tech/tiger lebih tebel/SUPRA fit/125 (harga 80rb)
  6. PER KOPLING = gl-pro(sekitar 60rb dapet 5 buah)/Tiger/ninja rr
  7. PLAT KOPLING = GL-Pro
  8. KABEL KOPLING = Megapro/Tiger/GL-Pro Neo Tech
  9. KOPLING SET = Megapro/GL Pro
  10. RUMAH KOPLING = MegaPro, CB
  11. PISTON + PIN PISTON = gl-pro (diameter seher 61mm & garis tengah pin 15mm) harga 373rb+82rb
  12. FILTER = Koso,TDR
  13. KARBURATOR = sama dgn gl-pro / variasi PE28 dll
  14. BOX FILTER KARBU = minerva skitar 150rb
  15. INTAKE = satria FU
  16. KOIL = Blue Thunder v3.0,XP,Yoshimura,NOLOGY
  17. STANG BALANCER = Satria FU
  18. GAS SPONTAN = bungbon dll
  19. HANDLE KOPLING = Posh buat MX, thunder
  20. SWITCH KIRI = Mega Pro (sktar 80rb)
  21. SHOCK DEPAN = upside down variasi moge/limbah moge, teleskopik swift/cbr beserta ganti stang,segitiga atas&bawah
  22. MONOSHOCK = pas pake NSR / Satria FU
  23. SPEEDOMETER = minerva baru digital-+380rb/cbr/happy swift/variasi digital mio takegawa, KOSO
  24. KABEL SPEEDOMETER = Megapro,Tiger,GLPRO
  25. CDI = VARRO (supra lama 90rb),shogun kebo / CDI BRT hyperband punya shogun 110 rp400rb, CheetahPower CPEX NEWBIE,XP 301MC Stage02 Andrion Series ver12
  26. BUSI = busi racing NGK dll
  27. AKI = aki kering Mega PRO / aki minerva sktar 240rb yuasan 7/8 ampere
  28. JOK DEPAN = cbr,happy swift
  29. JOK BELAKANG = minerva,happy swift, cbr skitar 175-250rb / variasi Single Seater
  30. LAMPU DEPAN = Osram 18 wattx2 / 25 watt,Autovision Xenon HID
  31. HEADLAMP DEPAN = asli minerva sktar 380rb, cbr’kw’ 250rban bsa dpsang ad renggang sdkit krna ukran cbr sdkt lbih kcil.
  32. STOPLAMP BELAKANG = asli minerva, cbr’kw’lbih murah
  33. SPION = ninja KRR (100rb),CBR (kw 90rb),happy swift,ninja 250 (ori 600rb)
  34. wINDSHIELD KACA DEPAN = asli minerva 90rb, variasi jenong 100rban
  35. SPAKBOR DEPAN = asli minerva 90rb, cbr / variasi tapi bikin braket lagi
  36. SPAKBOR KOLONG = minerva, happy wift, cbr skitar 185-250rb
  37. KNALPOT = asli dibobok 150rban / racing aftermarket R9,NOB1 dll / customs
  38. VELG = velg RG-V
  39. CAKRAM DISK BELAKANG = Cakram depan Honda Blade / Absolute Revo sama persis diameter dan 4 lubang bautnya/ganti baut jika mentok
  40. SWING ARM = minerva, happy swift, cbr / variasi swing arm banana HKS sktar 700-800rb
  41. FOOTSTEP DEPAN = minerva, happy swift, cbr skitar 125-150pcs / Underbone Yoshimura skitar 350-500rb
  42. FOOTSTEP BELAKANG = minerva, happy swift, cbr skitar 125-150/pcs
  43. Standard Paddock = CBR, Minerva skitar 150-300rb
  44. BAN = FDR,CORSA,DURO,SWALLOW,BATTLAX,MIZZLE,DUNLOP dll depan 90/70/17 (supaya tdk ganti spakbor) blakang max 130/80/17
  45. STRIPING/STICKER = minerva, cbr skitar 150-200rb / customs cutting sticker
  46. HEMAT BBM & PERFORMA = XADO, 9Power, HCS, XCS, K-FUEL SAVER, FEMAX COMBO dll

=======================

source : otomotifnet.com

*/arf – MRC – 546 /*


305 thoughts on “Sparepart Minerva R150

    • @emil : piston/seher 1 set mengadopsi milik Honda GL Pro. Hal tersebut karena setelah dilakukan pengukuran, diameter seher sama-sama 61 mm. Pun demikian soal garis tengah pin, yang ternyata seukuran (15 mm). Bila beli yang orisinal, siapkan dana Rp 373 ribu (piston standar). Bila sekalian ganti pin, maka tambahkan Rp 82 ribu.

    • @wawan : ada yang kurang cocok ya bro s’partnya..hehe ini sebagian saya ambil dari otomotif.net, sebagian dari forum, dan sebagian lagi pengalaman pribadi…

  1. Thank’sBro,…paling tidak ini sangat membantu kita.
    Tolong nanti kalau ada masukkan/tambahan segera update Bro…..

    Bro, mohon dijelaskan yg no.48 HEMAT BBM & PERFORMA = XADO, 9Power, HCS, XCS, K-FUEL SAVER, FEMAX COMBO dll…! maksud gimana…?
    Tks.

      • mas areef ni ane mau nany……..itu zat namanya zat apa? n belinya….disetiap bengkel2 sembrangan apa ada……..coz 2 th q make mimin baru denger kali ni yhanks y lumny
        slm mimin………

      • bang areeff ane mo nanya klo sil sobreker depan vx150 persamaan nya ma motor apa bang,,punya ane bocor..

    • @alif: spakbor minerva depan mang beda tahun 2009(gen 5) dan 2010 (gen 7), spakbor lama masih ada lampu disisi kanan dan kirinya, yg baru mirip model ninja 250 ada baut 2 di kiri dan kananya, tapi kl mau yg variasi juga bisa pake spakbor ninin yg 250 harga sekitar 100 rb + braket

  2. bro. g mau tnya nih. mimin g khan masih gen1 tuh[yang spionnya masih sgede gaban]
    g mau gnti pake spion mimin yg gen5 keatas. plek ga ya?
    gmana cra pasangny bro?
    nice info btw..

    • kayanya bisa deh diakalin pake spion gen7, langsung dateng aja ke MASC (minerva authorize service center) terdekat, harganya kl ga salah sekitas 130 rb..

    • karena baru lauching vx kamren, kayanya blm ada yg pernah bongkar mesinnya, jadi blm ada yg tau persis, tapi kl dari luar kayanya kurang lebih sama dengan yg gen 7.

  3. bro.. klo utk ganti piringan cakram dpan yg 150R.. pake yg ukuran brapa bro.. dan brapa harga na…
    trus,,klo mau ganti spakbor ninja 250,,ribet gak bro…
    thank’s info na…

    reply ke e-mail saya bro…
    shoex21@yahoo.com

    • cakram depan kaya harus pake yg ori r150 dia punya, blm tau yg variasi/compatiblenya. spakbor ninja utk depan maksudnya bisa bgt, tapi harus tambah braket..

  4. gan mau nanya nih.. kan getaran mesin terasa bnget tuh.. yang perlu di ganti apa nya ya gan..biar getaran mesin ilang..yang jelas ya gan maklum newbie.. hehe

    trus kira2 bengkel mn ya yang bagus buat mimi ane..
    ane tinggal sekitarna Depok,cibubur,tmii PGC x Mlang klw bisa bengkelnya deket2 situ.. hehe

    motor ane gen4
    salam MINERVA !

  5. kalo bingung nyari brg2 diatas bisa hub dabraw minerva motor agan2..
    promosi mode on, hahahhahahahahaha

    info aj seher ori minerva ukuran 60mm
    gl pro ori, megi, tigi STDnya 63.5mm

  6. bro, gw brusan ganti seher yg indopart puny, karena gl pro yg ori udah susah cariny,. Kira2 dmana ya cariny bro? Soalny serem jg bkn yg ori.

    Trus stang seher bisa diganti dgn apa yaw? Udh berisik euiy,. 2tahun, 50rb km.. Sm harga yaw,.
    Tq bro..

  7. Gan, mau tanya nih. Aku baru beli 150vx. Di knalpot bawah persis di sambungan las koq ada lubang 2 biji, lumayan gede lagi. Itu disengaja apa cacat produk ya?

  8. salam hangat,
    Bro, ane pengguna R150 VX, mau ganti CDI, karena kemarin pakai PE 28, ternyata ada los speed sebentar pada RPM 9000 -10000 (tapi tetep jalan),mungkin karena CDI bawaan masih nge-limit, mohon info dan sarannya pakai apa bro ? VX sudah full DC untuk kelistrikannya…

    terimakasih bro,

    Regard,

    Bagus di Bandung

  9. Bro … ane pake Minerva R200… Piston borexstroke 65.5×79.. bisa substitusi dgn motor apa???? Kalo mo aplikasi CDI n Koil pake punya motor apa bro???
    trimss…
    Malmsteen MRC#945 Region Bekasi Chapter Cikarang#021

  10. boleh nanya gak ni bang…?
    klo mau beli lampu dpn,SAMA steP Depan dimna ya bang..?
    soal nya dipalembang susah bnget..
    kira” harga semua itu berapa ya bang..?
    trus klo gue cari di deler minerva kira” ada gak bang..

  11. bro saya punya minerva R200 dan sya sgat sulit mendapatka sperpartnya trutama kabel bodynya i2,tlong sya d bntu bro by arhul dari makassar….!!!my no 085242399154 d tg
    gu infonya

  12. Ane pemilik R200 mw tny, klo untuk substitusi tante ketengnya bis pake ap??
    Coz d bngkel miminny g ad hrs psn lma bgt udh hmpr 2 bln g ad kbrny??

    • bro kualitas minerva produksi 2010 keatas sudah bagus/sempurna. untuk s’part ga usah takut susah nyarinya, sudah banyak compatible. sudah lihat postingan ane diatas kan

  13. gan.. saya mau tanya ni..
    kalau ganti klahar/lahar minerva 150r,,kalau pakai barang honda.. cocok nya pakai punya apa gan…

    thnx’s info nya ???

  14. bro.. mau tnya ne…
    klau ganti aki/batrai nya si mimin.. brang yg bukan ori.. cocok nya pkai punya ap bro…
    soal nya cari yg ori susah banget….

    thnx..

  15. nah ini dia info yg gwe cari2…
    bs jd pertimbangan bwt beli Minerva. tp bgmn bro dgn yg VX 150? apa bs pake sparepart di atas?

  16. bro, ane lagi cari sepkbor belakang, dari kolong sampe buritannya, plus knalpot minerva untuk minerva 2008 r150 (model CBR), bisa bantu bro? pm ke ane, di aditia_men@yahoo.co.id

    mimin ane mo jual tp yg beli pengen orisinilan… plis bantuin

  17. mas bro,, mimin q thn 2009,, setiap kali kondisi jalanan macet, q kan sering maenin kopling,, nah knp meskpun gigi msuk 1, en kopling aq tahan, tapi tetep jalan,, (nyantol) perlu penngantian apa ni? tolong solusinya, penggantian spartpate apa ja en bisa comot sparepart motor pa? kirim ke emailq ya mas bro, achmadhasyan@ymail.com thankz

  18. Bro knalpot bLong pa yg pAs wAt minerva 150 vx..yG masang na gA ribetong pa yg pAs wAt minerva 150 vx..yG masang na gA ribet

    • bro referensi s’part diatas tidak diambil berdasarkan bengkel tertentu, tapi harga dari rata2 tiap bengkel, coba di cek aja bro di bengkel besar/Bengkel resmi minerva

  19. oh iya lampu depan minerva r 150 vx knapa cuma satu yah??? bisa ga bro dibuat nyala dua2nya cz kta mekaniknya takut akinya ga kuat bener ga sih bro…. slm kenal bro areeff

  20. mas arief,,,bantu dong alamt and kontk person untuk dealer medan…
    kok ga bisa di hub ya…
    trus pa sparepart yg asli , motor minerva pa ga ada ms…trims

    • salam minerva…^_^
      yap betul, tergantung perawatannya, dan menurut saya minerva r150vx dah lumayan enak tarikannya, ya wajar lah dengan hrga 16jtan dapet power 13.5ps @9500RPM dan torsi 10.5Nm @7500RPM

      ini pengalaman saya punya minerva r150vx beli cash ko….
      males kredit serasa di porot, jatuh2 nya jd mahal bgt,
      r150vx saya dah nempuh 11.876KM bentar lg service dan ganti oli berkualitas biar mesin awet…heheh

      pertama beli saya ikutin petunjuk pada buku panduan, khususnya pada masa reyen 500km pertama,

      saking penasaran lewat masa reyen @ 1000km saya coba topspeed cuma dapet 110kpj tp g liat indikatr RPM tp yg jelas ga nambahin2 speednya, smua standar pke oli repsol 20w-50 (recomended dr minerva nya)
      saya kurang puas dengan oli repsol akhirnya saya ganti oli CASTROL POWER1 terbaru (lebih encer) yg iklan CBR150 vs citah itu….
      saya tes speed per gigi dari gigi 1-5 akhirnya didapat
      gigi 1=0-40kpj @10.000RPM
      gigi 2=40-60kpj @10.000RPM
      gigi 3=60-80kpj @9.000RPM
      gigi 4=80-100kpj @10.000RPM
      gigi 5=100-125kpj @10.000RPM, speedo meter & RPM masih mau naik tp jalan kurang panjang dan takut tiba2 ada yang nyebrang heheh

      knp oli castrol? karna oli encer castrol mampu menembus RPM tinggi (redline), karna mesin R150VX ni sifatnya over bore ( http://minerva.co.id/minerva/product/33 ) jadi kurang enak tarikan pada RPM menengah – RPM bawah, tapi lebih terasa hentakannya pada RPM menengah ke atas 6000RPM-12000RPM
      saya puas dengan motor R150VX saya kedaan sandard, wajar ko, cuma tembus 125kpj toh harga 16jutaan,”tapi saya masih pesaran topspeed mesin standarnya, pengen tes lagi hehe”
      sempat saya jejerin sama puslar 200, diawali dr kec 80kpj kirain bakal kalah ternyata di kec120kpj saya melaju ke depan sedikit demi sedikit menjauh…
      saya sering betot pedal gas ampe 10.000RPM dan sampai skarang udah 11.800km baik2 ja tuh motor…. tp hati2 juga ya narik gas diputaran 9500-12000RPM (redline) takut2 mesin jd ga awet heheh itu kata mekanik kenalan saya…
      ini mesin standar pabrik ga da yang saya ubah kecuali oli Pake Castrol Power1 hehehe
      sayang klo udah di bore up ujung2nya mesin nya jadi rewel dan mudah turun mesin….
      masalah sperpart juga mudah, sama kaya megapro dan GL series,
      saya sempat susah oper gigi 1-5, tapi saya coba stel sendiri dengan teliti akhirnya oper gigi enteng dan netral mudah, BBM nya pun irit saya pakai 1L bs 50km mungkin bs irit karna karbunya kecil kata mekaniknya sih karbunya masih ukuran karbu bebek. (tapi irit/boros tergantung gaya berkendara, soalnya dipake adik saya cuma 40km/L )

  21. bro gw mw nanya,gmn carany agr tariknya ok?trus gmna carany untk powernya bertambah?gw pake motor 150vx,kira2 ap yang prlu di ganti

    • Selama ini yg ane lakuin utk sedikit menaikan performa pemakaian harian standar aja bro.. ganti busi racing, ganti per skep(tarikan gas lebih enteng), gir (depan+belakang)

  22. Mas bro mau tanyak, kalau stater engine / stokkontak, bisa pake apa ​㪪ª˚˚˚º¤•….,
    Soalnya punya saya sudah lawas,

  23. Mas bro, mao tanya neh saya pnya minerva MX 150,kronologisnya setelah dipake 2 thn keatas mtr nya jd banyak trouble.dr elektrik starter sampai kick starter yg susah idup/ga mao idup,pdhl aki sudah ganti baru, trus mslh speed yg susah diajak lari.pd saat mao pindah gigi/netral suka nyangkut dan agak keras.kira2 apa aja yg hrs diganti ya?..kepengen modif,ada rekomendasi tmpt bengkel yg enak diajak curhat dan harga bersahabat ga?wilayah di jakbar-jelambar
    thanks infonya

  24. bro, ane ada masalah sama rem depan nih, kemarin minyak rem nya bocor. udah ane ganti master rem nya, ane bilang pake yang asli Honda atau Yamaha sama mekanik bengkel eh ga tau nya diganti sama KW-KW an. Alhasil minyak rem masih bocor dan rem nya dalam banget. Punya info master rem yang compatible ga bro? Trus kalau ane mau ganti head lamp sama lampu (batok nya) belakang cari dimana ya bro? Kalau CBR punya bisa ga ya? cari dimana tuh bro?

    • master rem ane blm pengalaman ganti, tapi sebaiknya jika ada yg ori Minerva Genuine pake itu aja. utk head lamp lampu belakang + mika 1 set kayanya yg punya asli CBR jarang/indent, wong CBR aja bnyak yg pake punya minerva head lampnya.. kl yg variasi CBR kayanya bnyk di kebon jeruk.

    • klo tempat beli spakbor blkg+ sepasang lampu sein depan blkg R150VX di daerah skitar Lenteng agung, depok,pasar minggu, kalibata, cibubur,otista dmn ya masbro..?? mhn pncerahannya. Thx.

  25. salam kenal bang…
    gir pompa oli sya patah bang,,
    ud 4 hri sy kerja gk pke motor,,pdhal tmpt krja sy lumayan jauh.
    tlong ksh solusinya bang sy hrus beli dmn gir pompa oli minerva.
    alamatny dmn.?
    ni no tlp sy bang.02197738036
    089654709476
    klo abang bca koment sya,,tlong kbarin sy yaa bang scpatny.
    trm ksh..

  26. Tks gan infona,bgs bgt,udh jln 5 taoen g pke mimin r150’08′,gd mslh,cma d krn myk yg sk kotor(karat tanki),ntr q mo kredit karbu pe28**,pjnya an mjnya pake yg brpa ni gan biar ngacir?,,

  27. mas bro. . . .
    sy pny mimin r150 2008
    klo abis di pke
    trus di diem in agk lama
    kok gk bsa nyala lg/susah nyla.y
    kdang bisa tpi mti lg
    tu yg brmslh apany ya. ?
    Mohon infonya
    n saran.nya. . .
    thx

  28. mas bro mimin aq 150R thn 2010 spul a gi mslh kira2 yng cck pny ap or kira2 brpa lilitan,pleas a bntuan a !!!!!!!!!!

  29. mas bro…
    aq mau nanya nih, kalo bli lampu kayak led yg bulet buat headlamp nya mimin tuh dmana ya

  30. akhirnya ketemu juga forum minerva..walaupun ane bukan bikers minerva,tapi ane mau adopsi sparepartnya nih….mau tanya bro,klo harga dari behel jok blakang minerva VX brp ya??atau ada yg behelnya mau djual?boleh tawarin ane :D ane cuma butuh sepasang aja buat tunggangan ane bro…mohon infonya ya ke 085692226303 (Hendra).thx

  31. bro q yuda..mu tanya nich..ad rencana mu bli minerva 150vx..stlah tdi bca” infoxa bgus bgt buat pertimbangan q bli..nah seumpamaxa mu jual lg,,tu harganya jatuh pa gk??thank….ss

  32. bro ,, minerva gue kadang susah nyala ,, pagi nyala ,, pas mau i nyalain siang ga nyala ,, kadang harus nunggu 24 jam baru bisa nyala lagi ,, kira2 problemnya apa ya ??? klo kata bengkel cdi udah jelek padahal motor baru 1 thn ,, busi udah ganti ,, apa kabel kelistrikannya aad yg trouble ya ??

    • motor susah nyala banyak faktornya, bisa karena setting karbu terlalu becek, busi kotor, dll, kl yg kena CDInya biasanya itu motor ga langsam rpmnya/brebet kl dibawa..

  33. mas mau tanya, apakah tangki minerva 150R tuh sama persis ama CBR lama ?? soalnya tangki saya udah mulai bocor…dan berapa biasanya harga nya ?? trims atas pencerahaannya mas…

    • Setau saya spul minerva, berbeda dengan tiger karena baut spul mimin 3 sedangkan tiger 2, jumlah gulungan dinamo sama2 7. saya sarankan beli spul ori minerva sj di dealer minerva ciputat 275 rb

  34. salam mod,,,numpang nanya,mimin ane 150r 2009.skrng lg sekarat,kata mekanik bengkel biasa cdi sm spulnya mati,kira2 yg cocok pake punya apa ya,dan pemasangan nya bagaimana.trm ksh.

      • kata mekanik nya begitu pak areeff…saya jg tidak tau kesimpulan dr mana dia nya.kalau memang betul spul sm cdi,kompatibelnya pk apa pak.trm ksh

      • Setau saya spul tiger itu gulungan dinamonya ada 7 hampir sama dgn minerva, tapi masalahnya bautnya ada 2 sedangkan minerva 3. saya juga blm pernah tes pasang spul ini. kl CDI kayanya harus pake punya ori minerva

      • om areeff,..alhamdulilah mimin ane wdh sehat ceria lg.saking keselnya ama tu bengkel akhirnya ane coba oprasi sendiri,ternyata baik spull maupun cdi msh sehat wal afiat,dan masalah nya ada pada stop kontak yang korslet..skdr info sj bwt temen2 klo ada mslh dngn pengapian sekiranya di cek jg dr wiring stop kontak.(belajar dr pengalaman..Hehehe)…

  35. aduh om mimin saya kena spul nya,,, bengkel terdekat d mna ya di jkt timur? soalny saya mw beli spull nya susah bgd, gk ada yg cocok buat motor nya… beda sendiri mimin spul nya ><

  36. Bro atau agan” kalo ada yg mo jual tangki bensin minerva r150 (cbr) kontak ane ya di no 085810444562..
    Ane lagi butuh bgt nich

  37. Siang siang Bro, saya mau menyampaikan keluhan saya terkait dengan Motor minerva, keluhan saya ini antara lain : 1. Spul yang sesuai dengan Minerva dengan Type : T 200 R sama persis dengan motor tiger. saya udah cari tapi sampai saat ini saat masih belum ketemu, terpaksa spul yang ada saat ini digulung cuman kelemahannya sering ngak tahan. jadi, ada ngak diantara teman-teman yang dapat membantu saya untuk mendapatkan spare part tersebut atau kesamaannya dengan merk motor lain. sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  38. perlu saya infokan bahwa baut untuk spul minerva yang sama dengan tiger ini jumlahnya 3, tolong informasikan melalui forum ini kalau seandainya teman-teman pernah mengalaminya dan spare partnya dapat dibeli dimana disertai nomor telepone kalau bisa. terima kasih bro

    • Lokasi dimana bro? saya blm pernah liat spul T200, tapi bukannya spul tiger revo itu ada 2 bautnya, ga cocok kan T200 3 bautnya..

      saran saya pake spull orisinilnya aja, beli di minerva ciputat tlp: 74712013, harga +/- 400 rb-an

      • SAYA SUDAH BELI DAN TERNYATA NGAK COCOK BRO, BAUTNYA 3 DAN PUSERNYA AGAR BESAR SERTA SPULNYA JUGA BESAR. MODEL MINERVA INI HAMPIR SAMA DENGAN HONDA TIGER. TOLONG BRO KALAU ADA YANG JUAL SPUL TERSEBUT

  39. om saya punya motor MINERVA MX 150 tapi kecepatannya kurang banget max ajah cuma 100km/jam
    saya mau ini motor di tambah kecepatannya , di ganti apa saja om ? mohon kasih tau infonya

    *TERIMA KASIH *

  40. Bro,, Gue Punya Minerva R 150,, Kemaren Sore Kecelakaan .. Trus Bak kopling Nya Pecah,,, Beli Dimana Tuh ? atau Bisa Pake yang Honda Ga ? Motor gue Tahun 2008,, Generasi Pertama Kayak nya,, Tulisannya Masih Putih,, Tolong Banget yah,, Kalo YAng Ori Harganya Berapaan ? Thanks Sebelumnya..

  41. Bro mau nanyak nih, saat ini saya mengendarai Minerva REVO ( Mirip dengan Honda Tiger ) cuman kendala yang terjadi yaitu, saya kesulitan mendapatkan Spul yang sesuai. saya udah keminerva,,,,tapi mereka ngak punya sparepartnya….saya jadi binggung, masak tidak ada dijual spul untuk Minerva REVO ini. kondisi body motor hampir sama dengan Honda Tiger, dan spul yang saya harapkan dengan ciri-ciri : lobang baut ada 3 , puser agak besar dan bentuk spul agak besar. ada kira-kira diantara teman-teman yng dapat membantu saya untuk mendapatkan spul ini dan bisa hub saya di 08161987146. terima kasih bro

    • Bro saran saya kl emg gag ada yg jual mending spulnya dibawa ke spulanker (tukang spul)aja,barangkali bisa diperbaiki ato dispul ulang.tp[ itu langkah trkhir kl emg bner” gag ada yg jual.cb bro cari tukang spul didaerh elo tp yg bner” bs,hati” jg tuk mlih tukang spul.

  42. Udah tenang Gue gan,, Thanks Yaahh,,,,,,, Bak kopling yang pas dan Cocok Banget Dah ketemu,,, gue pake yang Mega Pro,,, Pas Banget,,,, Mantep,,,,

  43. bro,,ane mau nanya? ane mau ganti kampas kopling,plat kopling sama per kopling..ganti semua itu apa harus ganti rumah koplingnya apa g?
    thanks

  44. salam rider…gan… ane pke mimin 150R 2010 klo pas jln lampu nyala kok strum lowbet yach… tp klo di matiin lampu depanya strum gde lg.. pdhl udh pke lampu ooooo serammm 18watt… klo kya gtu p nya ych gan.. thnx b4

  45. Gan mau nanya ni yang jual fairing minerva r 150 vx harganya berapa?
    dan bisa dibeli dimana tolong alamat dan nomor telponya ane tinggal didaerah bekasi,..

  46. agan” sekalian ada yang tau ga nama wap buat belanja online sparepart minerva, spul ma CDI ane bermslah ni , mohon bantuan nya y …
    soalmya nyari didaerh bogor susah banget

  47. aku dapet masalah pas mau ganti velg minerva standar ke velg power vixion, lubang as roda dan velg beda ukuran, mending bubut velgnya apa as rodanya?

  48. siang sobat ,,ada yg tau persamaan sil sobreker depan minerva VX 150..? punya ane bocor ..mohon info nya sob..thanks

  49. saya baru aja nurunin minerva R150, ada keluhan ditutup tangki bensin kalau lagi dicuci, airnya rember ke dalaem, solusinya gimana bro?
    tks

  50. Om mau ta’y seal sokbleker dpn bocor, klo mau ganti persamaan’y sjenis mtor apa ya?
    Atw gx ada agan2 Laen yg udh brpengalaman atw prnah ngalami hal yg sma :D
    Thx..

  51. Owh ia, 1 lg mas aref..
    Klo kca cembung u/ lmpu dpan ada jual trpisah atw hrus spaket + box’y, soal pu’y ogut lampu dpn vx’y udh ancur brantakan ganti soket asal2an, udh prnah ta’y k’dealer minim bogor hrga’y hmpir 1Jt :| msa ia? Thx mas aref..

  52. Rantai kenteng R150VX ku dah minta ganti tp di dealer banjarmasin stok spare part terbatas,nah baca di forum katanya rantai kenteng yg cocok punya supra fit tp ternyata ga sama tuh,minta info dmana bisa ku dapatkan rantai kenteng yg orsi atau yg persamanya ada ga ya ?

    Mohon info

  53. gan……………..
    kalo dinamo starter itu cocok ma speda apa??
    ini nyari onderdil yang asli susah………

  54. admin tolong dong bagaimana caranya Pakai CDI untuk minerva r150 mx thn 2009
    yg cocok apa aja dan kalo pake cdi tigger gmna caranya ya?

    • Masbro, saya juga belum pernah ganti CDI tiger, kalo saya R150 Gen7 2010, pakenya CDI Shogun kebo 110 unlimiter dan bisa lancar. Daerah mana masbro, kl disekitaran Pamulang, bisa ke bengkel JIMS pamulang.

      • Bisa pakai cdi tiger… Tp posisi perkabelannya di rubah lagi…. Yah klo mang dah punya cdi tiger pakai aja drpd mubazir… Pengapian jg sama2 ac… Sekedar share ajah

  55. duhh saya bingung nih mas bro kemarin sya ke bengkel kedua katanya spulnya..
    ga ada apinya
    cdi,a gpp.. kalo spul cocoknya apa ya..
    sya di kota tangerang

    • Bro Minerva itu beda dgn motor lain, bengkel biasa kadang ga ngerti, cek api di spul itu harus pake 2 kabel sekaligus (putih dan kuning), jgn terlalu cepat kesimpiulan spul mati, coba ganti kiprok dulu (merk fukuyama/tiger bagus)

  56. ßƦ☺ ane mo tnya dong,, bosh arm belakang R150 substitusinya pake apa ya, ada yg bilang pake thunder 125, tp ada motong sdikit, share ke ane dong yg udah pernah ganti,,

  57. Maaf bang saya mau tanya,aki saya tekor aja nih,soalnya setrum masuk ke aki nya dari sfull jalan udh lemah pgen ganti tapi saya ƍäª. Tau beli dmna,kalau boleh tau ke samaan sfull jalan minerva ama motor pha ya bang?

  58. boss.. saya punya minervaR150 kalo suku cadangnya kayaknya ada gk ya di bengkel-bengkel biasa? tolong jawab

    • Suku cadang banyak persamaannya…seperti yang di cantumkan di atas… Juga bisa menggunakan dari punya honda

  59. salam buat agan – agan semua pengguna minerva yang sama – sama kita cintai , ceileeeeee, ane punya masalah nih , ada gak sih yang bikin getar mesin hilang , atau ada ga sih alat peredam getaram untuk motor minerva 150R

    • Dgn gl pro ato tiger sm… Paling di panasin lg biar bisa sama melekuk seperti minerva… Krn kick stater gl lurus tidak berbelok2. #bantu share

      • gan kick stater minerva pkk punya honda tiger ya? udah saya panasin ,jaraknya masih jauh ..masih mentok ke blok mesinnya .mw nanya nih gan ..dealer minerva yg deket depok dmana ya ?

  60. bro mohon bantuan nya saya lagi nyari spull minerva
    klo ada yg mau jual tolong hubungi 087873982641 trmaksih

  61. mau tanya dong, mimin ane 150r tahun 2009 gen 5, kenapa si mimin suka mati sendiri ya gan, terutama kalo kepanasan, dan susah di nyalain kalo pagi-pagi, kl udah mati mendadak di tengah jalan harus ane diemin dulu sampe sekitar 10-15 menit, itu juga kadang ga nyala, btw, kl spull mimin ane itu yang brapa lubang ya ? thanks

    • energi kelistrikan dialirkan dari Sekering AKI , kelemahan sekering minerva mudah lepas krn goyangan, mending ganti dgn yg kotak kayak sekering karisma,,, djamion Awet

  62. bro,ane mw tanya nh,
    rem ane knp slalu bunyi ya padahal ane udh ganti yang bru,
    trus rantai ane slalu kendor,

    di tambah tarikan yang hampir ga da
    itu knp ya gan?

    dan apa yang harus di ganti
    minta sarannya ya gan.
    thx

    • Rante kendor krn pemakaian… Klo cpet kendor baru pakai sehari coba ganti dgn yg ori…
      Kampas sering bunyi bisa jadi karetnya di kepala disc dah rusak krn dIa berpungsi wat neken biar g goyang…
      -g ada larinya ..klo agak ngayun larinya coba ganti plat koplingnya… #share dr tmen

  63. bos …ane pke minerva thun 2007-08. tutup tanki ane jebol, nah klo mau nyari tutp tanki minerva dmna ya? posisi ane di cikeas (tetangga nya SBY), no.hp 08975990894. tolong bnget info ny boz

    • Pakai intake thunder…. Krn sy pakai itu tp harus di potong pendek lg klo memang mau pakai karbu 26.. Klo pake 28 g usah di potong,,

  64. mas bro… bisa uplaod soal minerva megelli 250 soal di surabaya onderdilnya inden kalau mau di cangkok/ kanibal dengan honda / sejenisnya bisa mas bro …
    terima kasih..
    kalau bisa di tampilkan kayak minerva 150 masalahnya

  65. Mas, klo bengkel Minerva yg deket Lebak Bulus mana ya? Motor ane ga bs hidup, kt org bengkel dri CDInya, tapi ane ga yakin.. Urgent

    • Belum tentu juga CDInya mas, sebaiknya langsung ke Dealer Minerva Ciputat aja, dari lbk bulus lurus terus ke arah ciputat, persis di depan carrefour ciputat tepatnya.

    • sekedar tambahan…. pengalaman sy pake mimin mantap… bagi yang ingin ngilangin getaran bisa memakai kruk asa gl-neo tech,karbu mega pro/gl-pro biar larinya mantab,knoken as sy pake tiger,biar giginya mudah di netralin pakai per kopling tiger.. klo pngen pake rante keteng tigi ato gl-neo tech anfa harus mengganti gigi sentrik di kruk asnya krn beda dgn mimin.

  66. Memang bner karbunya kecil harusnya dia pakai karbu lebih besar nyesuain dgn mesin dan cc yang dah gede….

  67. Mending velgnya ajah… Biar as rodanya bisa di pakai stnadar lg…. Krn tau sendiri sparepart minerva kadang ada yg susah… #bantu share

  68. Minerva R150VX gw rantainya suka lepas bro,padahal baru diganti gear set megapro rantainya satria 2 tak,dan handling terasa linggar,tolong share info dan pencerahannya masbro

    • Untuk rantai kalo bisa jgn pake punya satria 2 tak, tapi coba pake punya mega pro dengan ukuran 428/128 H, rantai ini lebih panjang dan lebih tebal jadi tidak mudah kendor dan longgar

  69. brooo, motor minerva pnya ane yg belakang goyang parahh bro…
    itu knapa yaaa brooo ???
    apakah dri bearing blkangnya apa dri bosh swing armnya yaa ???
    trus bering yg blkng pke pnya apa yaa broo ??
    thanks nii broo sblumnya….

      • Bneran tggl pnp bro? Ga perlu ad yg di stel ulang ato di gerinda? Dudukan udh cocok yak? Girnya doang kan ya ga sama bracket2nya? Harganya brpaan yak bro?

        Maap bnyak nanya, ane d putus asa soalnya. Bngkel ane blg ga cocok lgsg lemes dah

    • Bener bro tinggal PnP aja…
      Semua dudukan bautnya sama…

      Kl mau agak enteng pake mata 39 atau 41..

      Harga sekitar 20k -50k tergantung merek…

      • Bro wilson sori nanya lg, utk rantai perlu diganti ga? Gw slama ini udh motong skitar 5 mata rantai.

        Utk gir standar king emg standarnya brp mata, 38 ya? Efek ke rantai n rantai keteng klo gw pke mata 39 ato 41 kira2 ada ga y?

      • Kl ane biasanya pake rante FU,krn panjang..

        Kl gir depan pake GL pro..

        Std gir blk 37 bro(kl gk salah inget)
        Kl ane selalu pake mata 39 atau 41..
        Krn tarikan bawahnya jd agak enteng..
        Tp napas nya jd agak pendek,jd kl tarikan panjang gak dpt top speed…

      • Bro kalo rantai FU itu memang pas 428/128 tapi kurang tebal jadi cepat mulur, kalo bisa pake punya tiger aja yang kodenya 428/128H rantenya lebih tebal dan kuat

  70. mas bro mau nanya packing full set mx 150 th 2010 [model cbr 150 oil cooler] cocoknya pake apa ya ? & belinya di dieler mana , lokasi di bantargebang bekasi?

  71. bro gue mau beli sok depan minerva 150 vx satu set,, law ada hubungi aja, 089694125036,, sms/telp due layanin makasih bro

  72. mimin saya mx150 tahun 2009,,RPMnya hidup saat netral tapi saat di jalankan malah tak bergerak.apa sebabnya dan apa yang harus di ganti??saya tanya di bengkel minerva dia bilang ganti kabel body set 300 ribu??mohon di beri tahu yah!!
    terima kasih..

  73. Bang numpang tanya ni
    velg motor ane udah speleng nah ane mau ganti velg yg jari, kira” tromol yg cock buat motor 150r ane apa yah dan berapa harga.a ?
    Terima kasih

  74. juragan ane make minerva mx 150..kik starter yang bawah patah yang cocok am minerva ane motor apa ya juragan,,,mohon bantuanya juragan makasih

  75. gan kalo tromol minerva mx sama nya ama motor apa ya?? ane mau ganti velk jari” soal.a tapi ga tau apa tromol yang sama nya.. mohon bantuan nya

  76. Bro wilson, motor ane skrg lg d bengkel soalnya per sela an nya nyangkut. Jadi klo di selah dy ga balik lagi. Klo pke starter elektrik, sela an nya ngikut turun sndiri jd kaya nyangkut gt. Ada ide harus gmn, dan part apa yg cocok? Need help urgently asap

    Thanks bro

  77. salam gabung

    agan ane punya masalah ane tinggal di tangerang ane beli minerva sbelum chateng kena ane enjoy2 aja…….
    begitu chateng minta diganti ane coba lebih dari 10 bengkel pada nolak,
    bahkan referensi parts diatas ane udah coba jelasin kebengkel tapi mekaniknya tetep bilang beda….
    harus pake yg orisinilnya…sampe sekarang ane masih kelimpungan gan,,mau ganti chateng susah banget hadeeuuh…pusing mana kerja jauh lagi klo pulang malem agak was2 juga soalnya bawanya pelan2 saya

    ini no telp saya mohon bantuan untuk solusinya di 083811144481

  78. maaf nih bang mimin ikut promosi ya ????
    kalo ada yang butuh spareparts minerva ori dan service bisa hubungin ke telp. (021) 5365 1230 (buat daerah jakarta ) atau (021) 4187 9303 (buat daerah depok)
    alamat : (daerah jakarta) Jln. Arteri Kelapa Dua No.22 (jln.panjang) Kebon Jeruk (RCTI) Jakarta Barat
    (daerah depok) Jln. Bukit Cinere raya No.33D CINERE – DEPOK

    thaks bang mimin

Leave a Reply

