Menunggangi Minerva R150SE GEN7 2010


Akhirnya setelah menunggu keluar juga generasi ke-7 dari Minerva R150SE 2010, ini adalah penyempurnaan dari generasi-generasi sebelumnya.

untuk motor dengan kisaran harga yang sama dengan harga bebek, motor ini perlu diacungi jempol karena kehandalannya dan proses penyempurnaannya yang dilakukan secara terus menerus oleh MMI [minerva motor indonesia] selaku pemegang merk minerva. untuk spare part motor ini pun tidak terlalu sulit karena mesin compatibel dengan jenis GL

Minerva 150R mempunyai beberapa versi revisi (baca: gen / generation ) yg telah release di pasaran sejak awal Juni 2007. Hingga akhir tahun 2009, telah muncul minerva 150R hingga Gen 7 yang punya beberapa perbedaan sejak Generasi (Gen) pertama..

Apa saja bedanya? silakan dibaca selanjutnya..

Untuk awalan saya sisipkan dulu spesifikasi dari Minerva 150R gen 5 yg sering disebut dengan Minerva 150R SE (Special Engine atau Special Edition..)

Spesifikasi Minerva 150R Gen 5

Panjang : 1.910 mm
Lebar : 652 mm
Tinggi : 1.650 mm

Jarak sumbu roda : 1.268 mm
Tipe Rangka : Pentagon Frame
Beban Maks : 150 kg
Kapasitas tangki : 12 liter

Suspensi depan : Upside-down
Rem depan : disc brake
Ban depan : 80/90-17 m/c

Suspensi belakang : Monoshock
Rem belakang : disc brake
Ban belakang : 100/80-17 m/c

Tipe mesin : 1 Silinder, 4 langkah, SOHCDigital CDIOil cooler
Kompresi : 9.2 : 1
Volume silinder : 149.0 cc
Diameter x langkah : 61mm x 49.5mm (144.662 cm3)
Daya maks : 9.5 / 9500 Kw/r/min (12.739 HP)
Torsi maks : 10.0 / 7500 Kw/r/min (13.410 HP)

Gigi transmisi : 5 kecepatan
pola pengoperasian gigi : 1 – N – 2 – 3 – 4 – 5
Kopling : basah, multiplate
Battery : 12V / 7 Ah
Sistem start : electric starter & kick starter

Perbedaan antar generasi :

Gen 1 :
- Sebagai pembuka Gen
- Lampu sein terdapat di bagian samping Fairing depan dan bagian samping Rear fender belakang

- Terdapat lampu senja di Fairing lampu depan bersebelahan dengan lampu
- belum ada oil cooler

Gen 2 :
- revisi kelistrikan (CDI dan sekitarnya)
- belum ada oil cooler

Gen 3 :
- lampu sein depan menempati posisi lampu senja..
- lampu sein belakang menempati posisi lampu senja belakang di sebelah lampu rem

Gen 4 :
- mulai ditambahkan Oil Cooler

Gen 5 :
- menggunakan Kunci Kontak Magnetik (secure shutter key)


- striping berubah

Gen 6 :
-  mesin menggunakan shaft balancer untuk mengurangi getaran..

- Spidometer digital

- leher knalpot lebih besar

referensi tutorial :
picture = ninja250r.wordpress.com
minerva150r.wordpress.com

About these ads

159 thoughts on “Menunggangi Minerva R150SE GEN7 2010

    • bro itu yang di speedo paling kanan digital ya bro? isinya indikator apaan adjah bro? thanks. , muantab infonya bro. . .

      yoi bro itu spidonya udah digital, ada indikator tripmeter(persekali perjalanan), odometer=speedometer, bensin ama voltimeter(pengukur volt aki)…

  1. bro berarti odometernya itu selain yang analog yang pakai jarum, juga memakai yang digital juga bro , wah hebat banget ni menerva yaw. . . . . .

    trus satu lagi bro, hehehe maaf kalau kebanyakan nanya, masalah aselerasinya sama top speed apa masih sama seperti yang dulu bro?

    makasih atas info yang telah diberikan bro. . . .

    • *kukuh) Odometer adalah perangkat untuk mencatat jarak yang telah ditempuh, ini hanya digital saja ada di panel yg sebelah paling kanan..

      masalah akselerasi di stang & mesin udah ada shaft balancer (peredam getaran) kecepatan masih sama.. kl mau lebih ngacir harus di bore up ganti CDI racing, gir belakang RX king, koil, sama karbu NSR dijamin ngacirrr.. gobang gocir tuh motor….

    • *poejo, yang saya rasakan setelah pemakaian kurang lebih 1 bulan/1000 km, sehari bisa 80 KM dengan boncengers istri, tidak ada masalah yang berarti…

      -kelistrikan ok
      -mesin ok
      -akselerasi ok
      -brake ok
      cuma 1 yg ga ok.. PEGEL!! karena biasa karisma..hehe..
      buat yg mau beli.. SEGERALAH.. harga OTR Rp15.8

      • Salam kenal,

        P.E.G.E.L …hahahhaaaa…

        yup, bener banget, bro! gw jg kdg bonceng istri bahkan bw anak, asli jd P.E.G.E.L obatnya urut xixixii… tp kl lg single rider wuiih… aman2 aj :)

        krn gw dah lbh 3Bln pake Minerva R 150 SE Gen.5, apa krn stang diturunin 5cm jd lbh rendah ya.. P.E.G.E.L smakin jadi?

        1 masalah yg bikin kesel, PERSNELING/KOPLING! netral agak susah, pindah gera dr 2 ke 3 keraassss bangeet asli lecet deh kaki gw plus korban deh sepatu sobek2 hehehee…

        tp all performances MINERVA R 150 OK banget.

      • @subhan, muat ya boncenger istri ma anak, pasti anak duduk di tangki neh..hehehe…

        iya memang, untuk perpindahan gigi mimin agak keras, coba di siasati dengan pilihan oli yg lebih baik. agar lebih gampang waktu oper gigi..

      • @areeff:

        hahaahaa… yup bener, anak yg kecil suka duduk stand by di tangki sambil megang stang jepit si mimin ny. kl anak yg besar suka duduk pas dibelakang sy (jd agak kejepit deh ade kecil sy niy, wakakakaakkk…) ditambah ama istri di job belakang… wah lebih berabe kl pas motor stop, pd nyundul smua kedepan … hahaahaaa.

        aduh atittt.. xixixii….

        stlh pake oli bagus udeh agak mendingan, ktnya sih bakal lembut sendiri nti stlah > 5000 Km.

      • @subhan : iya memang performance dan akselerasi r150 baru terasa ketika km sudah mencapai 5000 < keatas, tarikannya mantab…

    • Minerva Surabaya
      *conan monggo dihub langsung saja!!

      MINERVA SURABAYA
      Propinsi: Jawa Timur, Kota: Surabaya
      Jl. Raya Panjang Jiwo I Blok B No. 7
      Surabaya
      Jawa Timur
      Telp : 031-8496360

      PT. DELTA SEJAHTERA INDONESIA
      Propinsi: JAWA TIMUR, Kota: SURABAYA
      Ruko Delta Permai, Jl. Raya Panjang Jiwo I Blok B No.7 – Surabaya
      Telp.031-8496360

      INDORPIMA GROUP
      Propinsi: JAWA TIMUR, Kota: SURABAYA
      Jl. Gardu Induk PLN No. 5 Surabaya
      Telp.031 – 7491044

      KINGTAMA MOTOR
      Propinsi: JAWA TIMUR, Kota: SURABAYA
      Jl. Ngagel Rejo Kidul No. 44 – Surabaya
      Telp.031 – 5055284

      RANGGA SATRIA JAYA
      Propinsi: JAWA TIMUR, Kota: SURABAYA
      Jl. Raya Ngampelsari Rt/Rw 01/01, Candi – Sidoarjo Telp.031 – 77627079

      ARENA BANGKIT MOTOR
      Propinsi: JAWA TIMUR, Kota: SURABAYA
      Griyo Mapan Sentosa DA-05 Rt/Rw 05/07 Tambaksari, Waru – Sidoarjo
      Telp.031 – 71565298

      MINERVA – SIDOARJO
      Propinsi: JAWA TIMUR, Kota: SURABAYA
      Jl. Ahmad Yani No. 134 Gedangan – Sidoarjo
      Telp.031 – 8910580

      INDORPIMA GROUP
      Propinsi: JAWA TIMUR, Kota: SURABAYA
      Jl. Gardu Induk PLN No. 5 Surabaya
      Telp 031 – 7491044

      KINGTAMA MOTOR
      Propinsi: JAWA TIMUR, Kota: SURABAYA
      Ngagel Rejo Kidul No. 44 – Surabaya
      Telp 031 – 5055285

  2. Minerva 150R gen 5 ama gen 7 apa bedanya Mas?

    Trus klo motor ini mesinnya msh standar,,
    qira2 kecepatannya ampe brp??

    • Minerva 150R gen 5 ama gen 7 apa bedanya Mas?

      Trus klo motor ini mesinnya msh standar,,
      qira2 kecepatannya ampe brp??

      perbedaan gen5 – gen7 :

      -spakbor depan
      -spido digital
      -stang jepit
      -kick stater
      -ban gen7 udah dpan swallow-thunder, blkng delitire
      -CDI
      -blok mesin beda
      -lampu depan lebih terang
      -mesin sudah menggunakan shaft balancer(lebih halus)

      dalam hal speed max saya baru coba hingga 90 kpj, karena kondisi jakarta yg serba macet, juga penggunaan motor saya yg memang bukan buat balap, lebih kepada penggunaan sehari-hari ke kantor. juga berkendara secara safety riding, selain itu juga masih reyen motornya…

  3. Waktu itu ada yg bilang, klo minerva 150R buatan china…
    apa emang bener??

    gw jd ragu nih pngen beli…

    ntr klo udh beli ga awet lg mesinnya…

    • Waktu itu ada yg bilang, klo minerva 150R buatan china… apa emang bener?? gw jd ragu nih pngen beli… ntr klo udh beli …

      brand minerva memang brand china, tapi mereka utk pengembangannya bekerja sama dengan SACHS-German dalam perakitan motornya.

      untuk kualitas mesin tergantung dari pemakaian dan perawatannya, karena brand lain pun jika tidak dirawat cepat rusak, disamping itu minerva juga bnyk compatible s’part mesinnya dengan mesin jenis GL, megapro, tig**, jadi substitusi ketersediaan s’part yg mudah dan juga terjangkau..
      jadi buat yg punya hoby sport jgn ragu pilih dia..
      apa sih merknya?
      == MINERVA ==

      mau mengenal lebih jauh ttg minerva baca forum ini
      http://www.minerva-riders-community.com/forum

      • MINERVA… brand lokal INDONESIA dan dirakit jg di Indonesia! bukan China.. walau s’part dr Indonesia, China dan Thailand. dl emang sblum jd nama MINERVA adalah LONCIN brand China, stlh thn 2007 tidak lg.

      • @subhan, thx tambahan infonya… s’part dari indonesia ya, tp kadang kl kita butuh s’part indentnya lama bgt yak, kaya harus import dulu dari afrika..hehe

  4. bro sory nih. . mau tanya lagi hehe

    bulan depan kan rencana mau ambil
    ni motor, menurut brother gmna nih getarannya, apa masih terlalu getar kyak yang doeloe? soalnya saya pernah baca di forum tetangga, katanya walaupun udah pakai engine shaft balancer, getarannya masih ajah kerasa bgt.!
    gmn nih bro?

    • @kukuh: bro untuk getarannya memang masih ada, tapi utk gen7 jika dibandingkan dengan gen2 sblmnya, sudah jauh lebih berkurang getarnya.. karena memang faktanya mesin r150 sama dengan mesin GL, yg kurang lebih sedikit memberikan rasa sensasi getar yg gmana gituuu.. saat dikendarainya..hehe..

      untuk tarikan memang masih jauh lebi baik vixy, karena faktor yg mempengaruhi tarikan adalah berat kendaraan dan besarnya torque/torsi, untuk berat r150 jauh lebih berat dari vixy, dan dari sisi torsi lagi2 torsi r150 yg cuma 10.0 masih lebih rendah dibandingkan dengan vixy yg sdh punya torsi 13.0..

      hal ini wajar karena memang dari sisi harga, harganya terpaut 5.2 jt dari si vixy, tapi tgg dl dgn cost sgini kita bisa bore up r150 jadi sekelasnya bahkan jauh lebih baik..

    • klo disolo dealer mimin dimana ya mas???

      bisa kesini :

      Minerva Solo
      Propinsi: Jawa Tengah, Kota: Solo
      Jl. Moh Yamin 36B

      TAWANGSARI MOTOR, SOLO
      Propinsi: JAWA TENGAH, Kota: SOLO
      Jl. Dk. Jetis RT. 23 Ponowaren Kec. Tawangsari

      PUSAT MTR CINA, KR.ANYAR
      Propinsi: JAWA TENGAH, Kota: KARANG ANYAR
      Jl. Raya Palur No. 42 Karanganyar Solo Telp.0271-826957, FAX. 0271-825714

  5. Mau tanya boleh ga bro. Kl kredit minerva 150 yg baru beda harganya berapa ya sm yg lama, trus kl kredit motor yg murah dimana ya…minta informasinya dong…

    • oh ya ketinggalan nih bro. minta spesifikasinya minerva 150 yg baru dong and dealer yg dijakarta yg murah kreditnya dimana ya ? Thanx ya

      • oh ya ketinggalan nih bro. minta spesifikasinya minerva 150 yg baru dong and dealer yg dijakarta yg murah kreditnya dimana …

        spek minerva r150 yang terbaru yaitu gen7 2010 sudah saya posting di comment2 sblmnya, utk harga kmarin skitar 15,8 utk daerah jabotabek

  6. Bro Mau Tanya Donk, mimin ane baru aja dateng, pas ane tes koq buat oper giginy agak keras ya, untuk pindah ke netral jg agak susah, ada kemungkinan gak dari setelan kopling yang kurang pas, mohon bimbingannya,,, maklum newbie motor kopling… hueheheheh

    • selamat ya bro miminnya dah dtg..hehe..
      untuk masalah perpindahan gigi keras, hal ini memang agak lumrah & umum terjadi pada R150, dan sudah bnyk ditanyakan di forum2 dan biasanya solusinya ganti per kopling punya GL neotech.

      tapi kl motor masih baru, jgn sayang bro.. coba disetting dl aja coba minyakin tuas pedal kopling, set kopling agak jauh dan biasanya sewaktu mau netralin mtr hrs agak jalan dikit.. coba dl ya

      • boz mau tanya lagi neh, settingan awal gas dari pabrikan mang agak kecil y? oh y mksh sblmny atas tips2 yg dah dikasih, bermanfaat bgt bos. sukses selalu boz

      • @mirza : utk settingan gas, biasanya yg setting dealer sblm mtr dikirim, settingan gas tuk mimin memang jgn terlalu kecil karena khawatir jika macet2, lampu merah sering mati tuh mince (jadi keliatan culunnya) hehe

        untuk normalnya setting gas langsam ada di 1500 rpm, dan jika motor sudah panas antara di 1500 – 2000 rpm

    • terakhir harga r150 yg gen 7 di jabotabek di kisaran 15-16.

      dealer madura :
      CV. BINTANG TIMUR
      Propinsi: JAWA TIMUR, Kota: MADURA
      Jl. Trunojoyo I Gedungan, Sumenep – Madura
      Telp.0328 – 673182

      UD. DIRGAHAYU MOTOR
      Propinsi: JAWA TIMUR, Kota: MADURA
      Jl. Dirgahayu 27 Pamekasan – Madura
      Telp.0324 – 322865

    • @doni : Minerva R150 VX menggendong mesin sama dengan R150 yakni mesin berkasitas 150 cc. Meski sama, tenaga yang dihasilkan dari mesin 150 cc tersebut diklaim PT MMI berbeda dan lebih kuat. Kini mesin Minerva R150 VX dianugerahi daya 13,5 Ps dari sebelumya sekitar 12 Ps.

      saya pikir mesin tidak jauh beda dengan generasi ke7, alias masih compatible dengan s’part gl atau tig**

  7. maw tanya mas:
    berat mana: VX 15Θr-R 150 gen7-yamaha VIXION? coz aq bgung maw pilih dri yg ketigax. aq tinggix cma 162..bsa g ya? aq cri yg ringan d bwa..hehe. thanks.

    • @zet : untuk berat kosong kendaraan vix/R150/R150 vx, tidak terpaut jauh memang masih lebih ringan vix = 114 kg, R 150/ R 150 vx = 115 kg. hal ini mungkin karena tambahan fairing di minerva yg bikin tambah berat.

      utk tinggi saya rasa 162 sudah cukup, tinggi saya 169 udah cukup nyaman disaat mengendarainya

  8. mas,, numpang nnya..

    udH test minerva 150 vx..??

    ad gmbrnnya g gmN tuH mtor d bndng sBLmnya..

    satu Lg,, pnya dftr kredit minerva.. tp yG ad 150 vx nya..

    Thanks..

    • @ozora: kebetulan saya blm coba min r150 vx-nya, motornya jelas lebih mantab dari sebelumnya..
      daftar kreditnya karena memang masih baru launchingnya jadi blm bisa diupload, mungkin coba langsung tanya ke dealer aja, yg jelas utk cashnya harganya Rp. 16.5 jt.

  9. Wah blog bro areef sangat lengkap mengulas mengenai minerva R150. Oh ya bro mo tny setting klep masuk dan buang utk R150 brp? Coz gw lbh suka utak-atik sendiri. Thanx b4.

    • *beo: shock tidak ada masalah kl mau diturunin, sekitar 4-5 cm, tapi jgn lupa kabel2 dirapihin dulu biar ga ganggu..

      kampas rem: bisa pake punya supra x 125 depan tapi yg imitasi aja soalnya kl yg ori terlalu tebal, kampas + plat kopling pake punya tiger cocok. CDI BRT hyperband punya shogun 110 Harga:400rb aftermarket

      cdi gen 7 udah beda sama yg gen sebelumnya, karena kl yg gen sebelumnya kan ada tulisannya design by: BRT, kl di gen 7 udah polos CDInya dan lebih kecil ukurannya alias no label..

  10. satu lagi bro kampas, sama plat kopling bagusnya pake tiger ataw gl pro? sama harga cdi raching BRT berapa broo?? denger2 mimin 150r generasi 7 udah pake cdi brt? bener ga tuh???

  11. bro minta saran dong.. bagusnya untuk mengganti tali kopling, tali gas dan tali spedometer aslinya cocoknya pakai apa y??

    tnks broo…

    • *beo: tali gas pake punya megapro tapi kepanjangan dikit harus dipotong atau pake punya gl100 juga bisa. tali kopling pake punya tiger. tali speedo blm pernah pengalaman ganti neh? tar deh di sharing kl dah ganti ya..hehe

    • @beo: untuk oli/pelumas yang kita harus perhatikan adalah kode SAE-nya karena mempengaruhi kekentalan.

      biasanya aku pake SAE yg 10w40 Castrol power1, karena tidak terlalu kental dan mudah mengalir ke suluruh mesin dan oil cooler, tarikan mantap, tapi 1 kekurangannya bunyi agak berisik.

      pilihan kedua bisa pake SAE 15w50, oli ini lebih kental, bunyi mesin halus, aditif anti friksinya sangat melindungi dan mengawetkan mesin tapi kekurangannya akselesari kecepatan kurang spontan alias berat.

  12. tolong infonya dong para rider… kalaw mau ganti seher dan setang seher mimin 150 r bagusnya diganti dengan jenis honda apa ya??? GL pro neo tech ataw tiger???
    kalaw pakai punyanya tiger revo gimana menurut kalian tuh broo????

  13. boz..ap mimin gen 7 ud g getar??
    q lg nyari mimin gen ke 7,kr2 dealer yang stoknya mc ad dmn y???kisaran daerah SDA/SBY+hrganya skrg brp??
    tlg q dksh info secepatnya…bs hub q d 085649847168

    • *bro.r: gen 7 sudah tidak getar, mirip vix r. stok kurang tau juga neh, didealerdaerah ciputat tangerang masih bnyk tuh kayanya stoknya, harga terakhir cash otr 15,8 jt [feb 2010]

  14. qo gas min r 150 di puternya berat y, tangan sampe pegel narik tuh gas plus takut putus coz blm gw ganti. apa emang begitu ya gas aslinya min r150 berat??

  15. boz..kalo saklar lampu 22nya enaknya pake apa? dah 2x ganti masih kacau.. pake ori dari dealer gampang pts kbelnya. thx

  16. Salam kenal…, gw br pake mimin 150 vx nich tapi kaya’nya shock blk agak ketinggian. Sharing donk, kalo mau nurunin mono shock blk sedikit aja pake punya motor apa ya yg compatible ya, thanks be 4…

    • *oddy: bro saya blm perhatikan persis apa shok VX sama dengan r150, tapi kl sama persis memang shok belakang susah untuk diturunin..

      1. untuk shock punya MX, terlalu pendek , selisih +- 8cm, jd kl dipasang pasti mntok ma sparkboard. kl pun dipasang/tambah dudukan lubang bautnya ga pas…

      2. untuk shock punya S***** FU, panjangnya hampir sama ma minerva, selisih hanya +- 3mm, jd kl dipasang percuma g ada perubahan…

      3.kl mo pke punya Scorpio, tp untuk dudukan baut terlalu lebar, harus dipotong dikit…

      4.usaha terakhir, paling punya minerva untuk ulirnya dipendekin sampai habis ( ulir yg sebenarnya buat atur kelembutan pegas )

      (komentar bro dadunk – SM)

  17. wah blognya sangat lengkap mengulas tuntas mengenai Minerva R150 ini. saya jadi bingung milih antara membeli Minerva R150 atau membeli Suzuki “New Satria F150″,
    oh iya menurut bro areeff kelebihan R150 ini dengan Satria F150 itu apa ya?

    • *danny: bro kl dilihat dari sisi spesifikasi dan teknologi memang satria f 150 sudah tidak diragukan lagi. tapi kl dari sisi ekonomis minerva cukup layak untuk dimiliki..

      berikut bisa dibandingkan spek teknisnya:
      ===========================
      Spesifikasi New Satria FU 150 :
      Mesin
      Tipe ……………….. 4-tak , DOHC, 4 katup, silinder tunggal, pendingin udara
      Kapasitas …………… 147,3 cc
      Diameter x langkah …… 62 x 48,8 mm
      Perbandingan kompresi … 10,2 : 1
      Tenaga maks. ………… 16 PS @9.500 rpm
      Torsi maks. …………. 1,27 kgf-m @8.500 rpm
      Karburator ………….. MIKUNI BS 26 – 187
      Saringan udara ………. Kertas
      Sistem starter ………. Kaki & elektrik
      Transmisi …………… 6 kecepatan, 1 ke atas, 5 ke bawah
      Kopling …………….. Multiplat, basah

      Sasis
      Suspensi Depan ………. Teleskopik, pegas spiral dan bantalan oli
      Suspensi Belakang ……. Monoshock, lengan ayun, pegas spiral dan bantlan oli
      Rem Depan & Belakang …. Cakram
      Ban & Roda Depan …….. 70/90-17 38S
      Ban & Roda Belakang ….. 80/90-17 44S
      ============================

      sedangkan untuk spek minerva bisa dilihat di posting ini paling atas..

  18. Hello bos,sorry nie mau ikut nanya,menurut bang areeff mending mna nie,antara r150vx thn 2010 ma r150se,ma r150 thn 2008,cz mau bli tpi bingung milihnya..tlg y bang..bls k numb.083895270148 or email wahabb18@yahoo.co.id..ditunggu y bang..

    • *mugiwara: jelas lebih baik VX, secara teknologinya penyempurnaan dari gen2 sblmnya, dan body sudah sgt futuristik, tapi kl mau yg mirip C*R bisa ambil yg gen 7 2010

  19. Bro, mo nanya,..,, harga minerva yang second berapaan ya…??
    tru klo d palembang carinya di mana…???
    w kesulitang bgt ni buat cari yang jual bekas….

    tq bfr…

    • wah jujur saya juga belum test drive vx, tapi waktu lauching pertama ada touring jkt – bandung [blogger rider] di klaim speed mencapai 120 km/jam. CMIIW

      • Mank Bener Bro areeff..kalo mimin yang gen 7 standarnya ampe 120km/j.tapi kalo dibandingin ama motor temen yang vega zr beda 15 km/j (mimin = 60 km/j vega 75 km/j ) thkz

  20. mw nimbrung tny nch,klo dealer di daerah denpasar bali mana bro?//
    menerva r 150 se,apa kelemahan smwnya tlog infoemasinya ???

    Thks….

  21. maaf…. banyak tanya nhe….
    untuk perawatan minerva susah p gk?
    gw rencana mau ngambil yg R 150 VX….
    gw denger mesin R 150 baru dipakek 2 bulan sdh rembes olinya….
    itu faktornya p y???
    salam kenal pak…

    • perawatan minerva sama dengan motor2 lainnya, biasanya saya ganti oli 1 bulan 1x dan service karbu 2 bulan sekali.. untuk kasus oli rembes jarang sekali terjadi di r150 gen7..

  22. jadi bingung liat comment smuanya bro..hehehe.. gw rencana mau beli minerva, cmn bingung yg mana, R 150 gen 7 ato R150xv.. soalnya klo di liat dr bodinya, 150 xv udah bagus tp fairingnya tu ga nguatin banyaknya.. jadi klo mau ke tempat yg deket2 aja keknya ribet banget ya bro.. duh jadi nbingung… minta saran bro.. makasi

    • balik lagi tergantung ke selera bro, vx mang agak futuristik bodynya, sedangkan gen7 simple.. kl dari sisi mesin + speedo kayanya udah sama semua, cuma gen 7 masih kalah di horse power dibanding VX..

  23. ooohh gitu ya bro.. ok deh makasih sarannya.. gw jadinya ambil yg VX nih soalnya tinggi gw 175- 178cm jadi mungkin pas ya..??

  24. Salam kenal bro.
    Bro w dah bli minerva 150 vx tinggi w 185 tp w msih jinjit bro.
    Soal power oke bro.
    W niat pngen nurunin shock belakang biar enak pijakannya.
    W pngen nanya cara nuruin shock blkng?,ma ringanin gas biar enteng waktu di puter jd tangan gak cpek?
    Mohon sarannya ya…
    Trims

    • @sadam: kl utk shock bukannya VX ada setelannya utk tinggi/rendahin bro.. kl ane utk gas/kopling biar enteng di kasih chain lube di talinya atau minyak goreng juga bisa.. tapi kl gas mau lebih enteng lagi pake gas spontan..

  25. oya bro areeff mau tanya lagi nih… kan gw bis beli VX juga, cmn gw masi bingung nih bensin yg di pakai enaknya premium atau pertamax ya..?? soalnya yg gw takutin gini.. klo pake pertamax aku gw denger2 karena VX cc nya cuman 150, jadinya takut mesinnya gampang panas gitu,, tp klo pake premium gw denger2 juga mesin jadi ga awet.. jadi bingung.. mohon pencerahannya bro.. thx

    • @roland: baiknya pake standar premium aja [karena sesuai dengan kompresinya], berdasarkan pengalaman pribadi ane, waktu baru beli maunya kasih yg terbaik buat niy motor, pake pertamax + fuel booster, hasilnya cdi gen7 ga kuat tahan panas dan ganti cdi [motor brebett, mati], knalpot ngebul hitam [pembakaran kurang sempurna] . jadi saran pake premium aja walau agak berat dikit tarikannya tapi mesin adem ga berisik dan awet dan yg paling penting tetep hemat..

    • @ari & andi:harga baru 2010 bisa di cek di dealernya langsung tlp kesini aja
      MINERVA SOLO (3S)
      Propinsi: JAWA TENGAH, Kota: SOLO
      Jl. Moh Yamin 36B, Solo
      Telp : 0271-643546

  26. Bagi yang membutuhkan produk minerva , harga On the Road di Jogjakarta , tipe R 150 harga Rp16,150.000, R150 VX harga Rp.17.100.000, Maddas 125 harga Rp 17.800.000, dan Megelli Rp. 30.350.000, untuk semua gambar bisa di lihat di situs resmi minerva : http://www.minerva.co.id Untuk pembelian bisa menghubungi Staff Penjualan PT. Plaza Minerva Indonesia cab. yogyakarta, Bpk. Andi Setiawan HP:08170456785 / 085878780312 / 0274 – 8327209 Membantu Melayani Pemesanan Luar kota.

    Untuk dealer sudah ada 1 (satu) di jogja dan untuk waktu dekat akan menambah dealer lagi besarnya 4x dr dialer di jalan m. supeno jogja.

  27. pgen tnya. .minerva generasi 7 tuh apa artinya ya. .mank R 150 SE yg thun 2010 ini ap nma ny y mhon pnjelasan nya di tnggu c0z sya mo psan. .

  28. Slm knl…
    Eit… Baru aja ku ngelirik 150SE, bener tuh yg 150SE Gen7 masih produksi ga ya?
    Skalian minta info nya dealer di daerah KARAWANG …
    Thanx be4…

    • @irsan: utk harga, di dealer ciputat R150 gen7=15,8, VX=16,5, kayanya krw sama aja hrgnya, kayanya yg gen7 dah mulai jarang d dealer, kbanyakan vx..
      selamat memilih bro…

    • langsung aja ke dealer di karawang bro…tiap bulan aku juga selalu servis situ.ni alamatnya Ruko Bintang Mas, Jl. Syech Quro No. 3A-3B, Palumbonsari-Lamaran, KARAWANG Telp.0267-9111029.

  29. bos arref… mau nanya nih… kira2 yg model 150R msh ada gak ya di dealernya?
    klo yg 150VX apa ya bedanya klo dilihat dari spek mesinya? thx b4

    • @ardian: predaran r150 udah mulai jarang di dealer, karena sudah ditarik dan di revisi jadi r150vx, untuk kehandalan jelas lebih tangguh vx dari segi mesin dll..

  30. Bro areeff & bro2 lainnya, aku ada problem gear balancer. cari dimana ya…? aku pakai R 150 SE 2010.
    karena di dealer2 tdk ada…. atau ada alternatif2 lain yg mungkin bisa digunakan.
    Mohon infonya…tkx’s.

  31. Bukan shaftnya, gearnya merupakan bagian dari shaft balancer & posisinya paling kanan (kita buka bloknya sudah kelihatan).
    Gear ini gear transmisi yang ke shaft balancer & temen2 bengkel nyebutnya gear balancer.
    Model gearnya : diapit oleh dua plat yang di paku keling & didalamnya gear ada karetnya.
    Gimana bro…?

  32. Bro areeff : tolong bantu alamat / no. telp. kantor pusat Minerva Jakarta / hotline servicenya…? Yg menyediakan suku cadangnya…?
    Tkx’s.

  33. mau nanya bang,,
    gear belakang aku sama yg depan katanya udah haus..
    klo ganti cocok sama apa ya…?
    soalnya di sukabumi-bandung nyari bengkel minerva susah..
    klo ada juga jauh..
    mohon bantuannya..
    klo ga,,
    sms saya bang di 085723527545
    trims,,

  34. bro arif mau nanya nih, minerva gue gen 7 kok persenelnya keras banget, terus klo mesin jalan mau netralin susah banget ini dah km 11.000. kick starternya kok gak bisa ya? terakhir kali ganto olei shell advance apap cocok ya? biar persenel lembut ganti apa aja?

    • kl saya supaya agak mudah oper gigi + netralin cukup dikasih minyak di pedal koplingnya, oli rekomendasi dari pabrik di manual book minerva pake 15w/40 SAEnya, kl saya cukup pake castrol active go aja, karena teknologi mesin gen 7 basis mesinnya cukup lawas.

  35. bro, ganti per kopling dan kanvas kompling 1 set, bagus pake tiger atau GL dan kira2 brp harganya ? soalnya keras bgt..
    lampu spedo meter juga gelap bgt, itu apanya ya yg rusak.. dan brp kira2 biaya nya ?
    saya beli bekas, dan ga pernah pk motor gede, dulu bebek trus..
    sebelum nya maksi ya…

  36. xry bro mu nanya….
    buat meringankan perseneling mimin gw gimana ya bro??
    coz mimin gw udah 1thn tp persenelingnya masih alot uy….
    trus buat tarikan kopling yg ok musti ganti pake apa’n bro…
    coz gw dapet referesi dari temen,pake per kopling GL100 jg udah oke….
    mnrt mas bro gmn??
    tolong bantuanya…
    yg spesifik ya bro……..
    hatur thank you….!!!!

    • Bro ane pake R150 gen7 udah 1 tahun 3 bulan, ane juga blm pernah ganti per kopling, msh std semua, tapi kayanya operan gigi motor ane lembut2 aja. coba d stel aja kopling agak jauh, oli ga usah pake yg synthetic,atau yg terlalu encer (sae 10w/40), pake yg agak kental sae 15w-20w/50, supaya mesin tidak terlalu panas sehingga operan gigi tetep lembut, kekurangan tarikan agak berat tapi mesin lebih awet dan tahan lama.

      • cara itu udah ane cuba bro…
        tapi masih alot buat perpindahan giginya….
        buat masalah kopling…
        maksud ane,biar tarikan koplingnya lebih agresive
        coz kalo udah kena macet/panas tarikan kopling ane jadi lelet
        kadang juga gak mau narik….
        hatur nuhun..!!

  37. Selamat Siang Bro, saya sudah memutuskan untuk memiliki R 150 VX , tapi satu hal, bagian belakang nungging amat ya Bro, kalo di modif, atau direndahkan ada impactnya gak Om terhadap… apapunlah, garansi, kenyamanan, keamanan, juga mau ganti klakson kayaknya.
    BTW…… Mantap R 150 VX.
    Mohon nasehat.

  38. Gan ane pengn tanya nih soal harga R150 gen 6 ama gen 7 masih mahalan/selisihnya berpa? dan lebih cocok mana gen 6 ama gen 7 klau di pke sama pelajar, coz ane baru kelas 1 smk hahah… tolong info lengkap sgera ya gan …. TQ

    • @sandy: kisaran harga masih diatas 11 mungkin, pilih gen 7 aja udah lebih sempurna dibanding gen 6 (spido digital, mesin lebih halus, spakbor depan beda, dll , masalahnya gen7 masih jarang yg jual..

  39. Ass
    Pak MAsih ada ga minerva Ngeluarin R200SE atau R150SE
    Bab klo yg R150 VX Norak Banget Bodi Depannya kepanjangan Ga sma Ma SE

  40. gan… ane punya mimin CBR 150R 2010… tp ane lg ada ,asalah ne gan m kelistrikan.. nyoba ke bengkel udah.. ganti aki udah.. tp beberapa hari lobet lg strumnya.. starter ga kuat.. klakson bunyi kecil.. bingung gan.. p ke bengkel resminya j yahhh??? kira2 yg ahli kelistrikan di bengkel resmi minerva ada gak gan.. daerah cikarang.. please nasehatnya.. trims

  41. gan, gimana ya cara ngakalin gigi si mimin yang keras banget & kalo mesin udah panas koplingnya suka ngelost. Oiya satu lagi lampu sen yang nyatu sama lampu rem beli dimana ya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s