Penyebab knalpot motor nembak


Berawal dari kekagetan waktu melintasi track lurus hayam wuruk – gajah mada, jalanan yg cenderung lebar dan sepi ini memprovokasi untuk bejek rpm hingga 7500 rpm, setelah hampir sampai di lampu merah terpaksa rpm turun dan ketika itu muncul suara derr.. satu kali yg bikin binun ternyata selidik punya selidik itu berasal dari motor kita sendiri.

Rasa Penasaran akhirnya coba cek ke busi iridium yg udah berumur 6 bulan itu, apa mungkin masalahnya businya ya??, akhirnya setelah di ganti dengan busi standar NGK bunyi nembak itu ga muncul lagi.

Berikut Tips2 agar knalpot motor anda tidak nembak :

“Ada beberapa hal bisa menyebabkan timbulnya suara ledakan itu dari knalpot,” ungkap Rusiyanto dari Divisi Teknik PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI). Di bawah ini ada beberapa part yang jika aus, bakal membuat suara seperti itu.

CUK ATAU CHOKE

Kondisinya yang terjadi bisa sama layaknya gejala yang ditimbulkan jika ada kerusakan part suplai udara bersih. Ya, setelah berakselerasi dan gas ditutup penuh, maka akan timbul suara ledakan.

Kondisi ini, pernah dialami Sobat Em-Plus yang lupa menutup atau menon-aktifkan cuk setelah digunakan untuk menghidupkan motor di pagi hari. Akibatnya karena cuk aktif, pembakaran yang terjadi tidak sempurna. Campuran jadi terlalu kaya bensin. “Jika kondisi ini dibiarkan, tentu akan berakibat juga pada usia busi. Jadi cepat mati karena cenderung basah oleh bensin,” ungkap Abdul Rohim, salah satu mekanik Wanaha Makmur Sejati, maindealer Honda Jakarta-Tangerang.

KERAK BUSI

Busi juga bisa menyebabkan suara ledakan tuh! Asal, busi yang dipakai di motor kesayangan sudah mau mati ya. Gejala ini, bisa muncul ketika sobat ingin menghidupkan motor. Ya, baik itu pakai elektrik starter atau engkol. Bukannya mesin hidup setelah pencet tombol starter, eh, malah suara ledakan yang timbul. “Biasanya, itu karena elektroda busi sudah terlalu basah atau banyak kerak,” kata Abdul Rohim.

Malah, jika busi terus dipakai, gejala seperti ada kerusakan di part suplai udara bersih juga bisa terjadi. Campuran udara dan bahan bakar di ruang bakar jadi tak sempurna. Ledakan bisa timbul juga jika pilot-jet karbu kurang besar dari yang dibutuhkan. Gejala timbul ketika berakselerasi.

SUPLAI UDARA BERSIH

Jika ada kerusakan di part penyuplai udara bersih ke ruang bakar ini, sobat bisa baca gejalanya. Yaitu, suara tak enak didengar bakal timbul ketika sedang berakselerasi dan tiba-tiba gas ditutup penuh secara spontan. Maka ketika rpm mulai turun, akan timbul ledakan dari knalpot. Part yang di tiap pabrikan motor memiliki nama berbeda ini, memiliki karet dan per di dalamnya. “Jadi baiknya pastikan AIS (Air Secondary System; red) berfungsi sempurna,” saran Rustiyanto.

KARBU VAKUM

Motor sekarang ini, tak sedikit yang mengaplikasi karburator model vakum atau beken disebut VC alias Velocity Constanly. Begitunya skep digerakan oleh karet yang mengandalkan kevakuman. Makanya, jangan biarkan karet tersebut aus. Boleh dibilang, karet ini cukup sensitif lho.

Jika karet aus, proses kevakuman jadi tak sempurna. Ini bisa menyebabkan tarikan jadi mbrebet dan parahnya bisa timbulkan suara ledakan jika gas ditutup setelah berakselerasi. Untuk itu, jangan sembarang rawat karet atau samapi terkena bensin langsung.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s